Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Dengan Modal Sedikit

Mencari peluang bisnis adalah salah satu ilmu yang juga harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, alasannya karena nanti didunia luar kampus atau sesudah lulus tantangan akan semakin berat
Bermanfaat juga untuk melatih jiwa entrepreneurship individu masing-masing. Sebuah Bisnis Kreatif sangan penting di pelajari dan dilakukan karena mengajarkan pengalaman yang bisa digunakan saat Mahasiswa lulus namun sulit mencari pekerjaan. Dengan bisnis kreatif, mahasiswa juga bisa menambah uang saku untuk membayar uang kuliah, jika ini dilakukan maka akan sangat mengurangi beban kedua orang tua.Bisnis Kreatif Mahasiswa-Dengan-Modal-Sedikit
Keuntungan seorang mahasiswa memulai atau memiliki bisnis kreatif adalah bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Jika seorang mahasiswa bekerja part time (mengikuti perusahaan) maka akan kesulitan membagi waktu.

Hanya dengan menjalankan bisnis kecil tapi menjanjikan keuntungan, mahasiswa bisa mendapatkan sumber income sendiri. Karena mahasisiwa memiliki banyak keterbatasan keampuan dalam melakukan bisnis sendiri, maka tidak semua jenis peluang bisnis dapat dilakukan. Jenis-jenis usaha yang akan dipilih dan dialankan harus sesuai dengan keadaan yang mengharuskan mereka menjalankan kewajibannya. Dan ada situasi lain yang membatasi kebebasan dalam memilih usaha seperti :

  1. Prioritas waktu untuk kuliah.
  2. Memiliki jumlah modal yang sedikit
  3. Tidak memiliki atau sedikit pengalaman kelola bisnis
  4. Jaringan teman atau rekan yang sedikit
  5. Jumlah informasi yag sedikit mengenai bisnis seperti pesaing, supplier, pelanggan dan lainnya.
Dengan mengingat hal diatas maka berikut adalah contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Dengan Modal Sedikit :

1. Jualan Pulsa
kita mulai dari bisnis kreatif yang paling simpel dan mudah, yaitu jualan pulsa. dimana yang kita tahu pulsa sudah menjadi seperti makanan sehari-hari bisa dikatakan kebutuhan pokok. Apalagi menjadi seorang Mahasiswa dimana sangat butuh pulsa untuk komunikasi sehari-hari. dengan alasan tersebut maka bisnis kreatif satu ini wajib dicoba karena bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan tidak kenal menyerah.

mulailah dengan menjual ke teman terdekat atau teman sekelas anda, Dosen pun juga jangan luput untuk ditawari karena mereka memang target pasar anda. Mulailah dengan modal seratus ribu RP.100.000,- itupun juga bisa anda gunakan sendiri. selain cara kerjanya yang mudah juga tidak perlu tempat atau lapak yang memakan biaya besar.

Yang perlu diingat tantangan dalam menjalankan bisnis itu pasti, anda tidak perlu berkecil hati dalam menghadapinya, misalnya ada teman anda yang sudah berjualan pulsa lalu anda memutuskan untuk tidak mencoba bisnis kreatif ini, maka anda yang rugi. Saran dari kami adalh teruslah berjualan tinggal siapa nanti yang konsisten. memang perlu sedikit persaingan untuk meningkatkan motivasi agar bisnis kreatif anda menjadi tumbuh pesat.

2. Menulis Artikel
mungkin banyak diantara kalian yang sudah mengetahui tentang bisnis kreatif untuk mahasiswa yaitu menulis artikel, jika ada yang belum tahu simak baik-baik penjelasan kami berikut ini. Menulis artikel dapat mendatangkan Income yang lumayan. Apalagi jika anda adalah penulis yang cepat dan terstruktur serta menguasai dunia jurnalistik.

Peluang menulis Artikel ini bisa didapat dari berbagai cara misalnya dengan mengikuti program freelance di dunia maya contohnya seperti joblancer.com , seribulancer dan lain-lain. disana banyak sekali job untuk menjadi seorang penulis. Dengan melakukan bisnis kreatif Menulis artikel anda tida perlu modal yang besar bahkan gratis namun mendapatkan income uang dengan mudah hanya dengan menulis beberapa artikel di web-web tersebut diatas.

3. Menjadi Dropshiper atau Reseller
oke ini yang mungkin agak serius, jualan online mungkin ada sudah mengenalnya. dimana-mana ssekarang untuk membeli barang adalah dengan cara online. Web-web besar onlineshop besar bermunculan seperti lazada.com, bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan juga berjualan Online denga media Instagram dengan sistim promosinya yang lagi booming saat ini disebut dengan endors.

Dan yang menjadi permasalahan adalah membuka sebuah onlineshop tentunya membutuhkan modal yang besar karena harus membeli barang dagangan untuk dijual meski Bisnis kreatif yang satu ini tidak membutuhkan lapak khusus. Namun bagaimana dengan kalian seorang mahasiswa yang sulit untuk mendapatkan modal, Untuk itu digunakaanlah sistem Dropship dan reseller sebagai solusi membuat bisnis kreatif mahasiswa ydengan sedikit atau bahkan sama sekali tidak mempunyai modal.

penjelasannya dari kedua kata tersebut begini :

a. Dropship
Sistem Dropship adalah Sistem dimana kamu meminta seller/ supplier kamu untuk mengirimkan barang/ orderan ke customer kamu dengan mencantumkan nama, alamat, No. HP kamu/ toko kamu sebagai pihak pengirim. dengan begitu kalian tidak usah stok barang, cukup mencar reseller untuk dijualkan barang jualanya ke peminat.

b. Reseller
Sedangkan Reseller adalah menjual barang dari seller kepada peminat agar mendapat income dari seller tersebut.

dengan mencoba Bisnis Kreatif mahasiswa berupa menjadi dropshiper atau reseller anda bisa mendapat income yang lumayan besar.

3. Jasa Design Web
menjadi seorang yang bergerak dibidang Informatika Contoh bisnis Kreatif mahasiswa yang satu ini biasanya merujuk kepada mahasiswa jurusan Informatika. Dimana mahasiswa Teknik Informatika mendapat bekal ilmu untuk membuat website, dan dengan bekal ini mahasiswa dapat mengembangkan Bisnis Kreatif dibidang yang mereka sukai atau geluti tersebut.

salah satu cara untuk menjual jasa Design web adalah sama dengan menulis artikel yitu mengikut program afiliasi di web-web ternama diinternet seperti sribulancer dan lain sebagainya. Disana ada banyak sekali customers yang menanti bakat dan kemampuan mahasiswa yang bisa membuat Website.

4. Jasa Service Komputer
Tidak beda halnya dengan bisnis kreatif no.3 yaitu membuat web, bisnis kreatif dengan modal kecil untuk mahasiswa berikut ini berhubungan dengan anak teknik informatika, meski juga non informatika sekarang sudah banyak yang mendalami atau menguasai skill ini. Tidak btuh modal banyak, mungkin hanya harus membeli beberapa obeng dan alat komputer lain mahasiswa dapat mendirikan usaha kecil kecilan Service komputer.

Mulailah dengan cara mempromosikan ketetangga, ataupun membuat brosur yang dibagikan kesekolah-sekolah dan lain sebagainya. Mengingat jumlah komputer saat ini sangat banyak, apalagi kantor yang membutuhkan data sebagai laporan pekerjaannya.

5. Jasa Design Grafis dan Percetakan Digital
memang untuk yang nomer 5 ini ada dua bidang bisnis kreatif yang di bahas, mengapa kami jadikan satu karena dua hal ini sangat berkesinambungan. modal yang diperlukan adalah skill mendesign yang meliputi AutoCad, Corel, Photoshop, Illustrator dan software design yang lainnya. selain mendesign mahasiswa juga menawarkan jasa cetak juga.

Karena printer cetak memang mahal harganya, kita sisati dulu untuk mencetak hasil dari design kita tadi dipercetakan lain yang kita percaya. dengan begitu mahasiswa tidak membutuhkan modal yang besar untuk membuka bisnis kreatif ini.

itulah tadi kawan beberapa tips dari kami contoh dari bisnis kreatif untuk mahasiswa dengan modal yang sedikit. semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian semua. Ingat baik-baik janganlah gampang menyerah dan janganlah putus asa, karena setiap usaha tidak akan mengkhianati hasil yang didapat.
Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Dengan Modal Sedikit Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Dengan Modal Sedikit Reviewed by Unknown on May 24, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. jangan lupa kunjungi blog kami untuk cara mudah berbisnis bagi mahasiswa :)) https://kelompokmbg7.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Jangan lupa kunjungi blog kami untuk mengetahui cara mudah berbisnis bagi mahasiswa. Terimakasih :) https://kelompokmbg7.blogspot.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.